RESUME
Jenis-jenis Membaca
A. Berdasarkan Sasaran Pembacanya.
1. Membaca permulaan (kelas 1-2 SD).
2. Membaca lanjut (kelas 3-6 SD,SMP,SMA dan sderajat).
B. Berdasarkan Cara Membacanya (Terdengar Tidaknya).
1. Membaca nyaring : kegiatan membaca dengan menyuarakan tulisan yang dibacanyadengan ucapan dan intonasi yang tepat agar pembaca dapat melengkapi informasi yang disampaikan oleh penulis.
2. Membaca dalam hati : kegiatan membaca yang dilakukan dengan tanpa menyuarakan isi bacaan yang dibacanya.
C. Berdasarkan Bahan Bacaanya.
1. Intensif : Membaca yabg dilakukan secara cermatuntuk memperoleh informasi secara tepat dan akurat. Membaca intensif dibagi mejadi dua yaitu :
· Membaca Telaah.
· Membaca Telaah Bahasa.
2. Ekstensif : Membaca secara luas objeknya meliputi sebanyak mungkin teks dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. Membaca ekstensif dibagi menjadi tiga yaitu :
· Membaca Survey.
· Membaca Sekilas.
· Membaca Dangkal.
D. Berdasarkan Klasifikasi Tujuan Baca .
1. Tujuan Instuksional : pemahaman dan studi.
2. Tujuan Ekspresif : memberikan maksud, gambaran, gagasan,perasaan.
E. Berdasarkan Tingkat Tujuan.
1. Membaca Dasar : pusat perhatian pada bahasa tulis.
2. Membaca Tinjauan : pusat perhatian pada pemahaman sebanyak-banyaknya.
3. Membaca analitis : pusat perhatian pada pemahaman.
4. Membaca Membandingkan : membaca topic yang sama dari beberapa sumber yang berbeda.
F. Berdasarkan Teknik Menemukan Informasi.
1. Baca Pilih : memilih bahan bacaan sesuai dengan kebutuhan pembaca.
2. Baca Lompat : menemukan bagian bacaan yang relevan dengan kebutuhan pembaca.
3. Baca Layap : membaca cepat untuk memperoleh gambaran umum mengenai suatu teks.
4. Baca Tatap : membaca cepat dan memusatkan pada bagian bacaan yang berisi informasi fokus yang dicari atau informasi yang telah ditentuakna sebelumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar