Senin, 09 Januari 2012

RESUME
Jenis-jenis Membaca
A. Berdasarkan Sasaran Pembacanya.
1.      Membaca permulaan (kelas 1-2 SD).
2.      Membaca lanjut (kelas 3-6 SD,SMP,SMA dan sderajat).
B. Berdasarkan Cara Membacanya (Terdengar Tidaknya).
1.      Membaca nyaring : kegiatan membaca dengan menyuarakan tulisan yang dibacanyadengan ucapan dan intonasi yang tepat agar pembaca dapat melengkapi informasi yang disampaikan oleh penulis.
2.      Membaca dalam hati : kegiatan membaca yang dilakukan dengan tanpa menyuarakan isi bacaan yang dibacanya.
C. Berdasarkan Bahan Bacaanya.
1.      Intensif : Membaca yabg dilakukan secara cermatuntuk memperoleh informasi secara tepat dan akurat. Membaca intensif dibagi mejadi dua yaitu :
·        Membaca Telaah.
·        Membaca Telaah Bahasa.
2.      Ekstensif : Membaca secara luas objeknya meliputi sebanyak mungkin teks dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. Membaca ekstensif dibagi menjadi tiga yaitu :
·        Membaca Survey.
·        Membaca Sekilas.
·        Membaca Dangkal.
D. Berdasarkan Klasifikasi Tujuan Baca .
1.      Tujuan Instuksional : pemahaman dan studi.
2.      Tujuan Ekspresif : memberikan maksud, gambaran, gagasan,perasaan.
E. Berdasarkan Tingkat Tujuan.
1.      Membaca Dasar : pusat perhatian pada bahasa tulis.
2.      Membaca Tinjauan : pusat perhatian pada pemahaman sebanyak-banyaknya.
3.      Membaca analitis : pusat perhatian pada pemahaman.
4.      Membaca Membandingkan : membaca topic yang sama dari beberapa sumber yang berbeda.
F. Berdasarkan Teknik Menemukan Informasi.
1.      Baca Pilih : memilih bahan bacaan sesuai dengan kebutuhan pembaca.
2.      Baca Lompat : menemukan bagian bacaan yang relevan dengan kebutuhan pembaca.
3.      Baca Layap : membaca cepat untuk memperoleh gambaran umum mengenai suatu teks.
4.      Baca Tatap : membaca cepat dan memusatkan pada bagian bacaan yang berisi informasi fokus yang dicari atau informasi yang telah ditentuakna sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar