Senin, 09 Januari 2012

RESUME
BENTUK-BENTUK MEMBACA
A.     Pengertian Paragraf
                                    Paragraf adalah suatu bagian dari bab pada sebuah karangan atau karya ilmiah dengan cara penulisan yang harus dimulai dengan baris baru, terdiri atas beberapa kalimat yang berkaitan serta membentuk satu kesatuan pikiran.
B.     Macam-macam Paragraf Menurut Tujuannya
1.       Narasi
Paragraf narasi adalah paragraph yang bertujuan menceritakan suatu peristiwa atau kejadian sehingga pembaca seolah-olah mengalami kejadian itu sendiri.
Ciri-cirinya : adanya kejadian, ada alur (tokoh, tempat, dan waktu), adanya karakter tokoh.
2.       Deskripsi
Paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan sesuatu dengan jelas dan terperinci. Paragraf deskripsi bertujuan memberikan gambaran terhadap sesuatu dengan sejelas-jelasnya.
Ciri-cirinya : ada objek yang digambarkan, informasi yang disampaikan runtut, bersifat subyektif, bermakna konotasi.
3.       Argumentasi
Paragraf argumentasi adalah paragraf atau karangan yang membuktikan kebenaran tentang alasan, contoh dan bukti-bukti yang kuat dan meyakinkan. Tujuannya agar pembaca menjadi yakin atas kebenaran yang disampaikan penulis.
Ciri-cirinya : ada pendapat yang disertai alasan yang logis untuk meyakinkan pembaca, bahasa yang digunakan bermakna denotative, bersifat obyektif, dan ditutup dengan kesimpulan.
4.       Persuasi
Paragraf persuasi adalah paragraf yang bertujuan untuk mempengaruhi, menghimbau, membujuk atau merayu pembaca sehingga pembaca tergiur atau terpengaruh untuk mengikuti keinginan penulis.
Ciri-cirinya : ada bujukan atau ajakan untuk berbuat sesuatu, bersifat obyektif, berupa fakta.
5.       Eksposisi
Paragraf eksposisi adalah karangan yang menyajikan atau memaparkan sejumlah pengetahun atau informasi. Tujuannya, pembaca mendapat pengetahuan atau informasi yang sejelas-jelasnya.
Ciri-cirinya : ada informasi untuk memaparkan suatu proses yang runtut, sistematis, dan berkelanjutan, adanya gambaran diagram untuk memperjelas isi paparan, berusaha member informasi yang jelas, bersifat obyektif, bermakna denotatif, dan berupa fakta dan opini.
C.     Cara Menetukan Ide Pokok
1.       Paragraf narasi ide pokoknya terletak diawal paragraf dan diakhir paragraph.
2.       Paragraf eksposisi cenderung deduktif
3.       Paragraf argumentasi, persuasi, dan deskriptif bisa deduktif bisa juga induktif sesuai dengan ide penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar